Google Memperingatkan Serangan Chrome Serius yang Menargetkan Windows dan Android

Sementara empat perbaikan keamanan telah dikeluarkan, eksploitasi masih ada di alam liar. Inilah yang perlu Anda ketahui.

Peneliti di Google mengungkapkan serangan tingkat tinggi telah menargetkan pengguna Android dan Windows melalui Google Chrome.

Dilaporkan oleh anggota tim Avast Threat Intelligence, kerentanan keamanan tingkat tinggi, yang secara teknis dikenal sebagai “CVE 2022-2294”, dapat memungkinkan pelaku jahat mengeksploitasi sistem Anda, atau merusaknya sepenuhnya.

Meskipun perangkat lunak antivirus adalah cara terbaik untuk melindungi dari ancaman keamanan, sama pentingnya untuk memastikan bahwa perangkat lunak Anda selalu diperbarui sehingga ketika patch baru dirilis, tim Anda tidak perlu menunggu.

Apa itu Kerentanan Buffer Overflow?

Ada dua jenis buffer overflows: Stack, dan Heap. Stack overflows merusak memori di stack, sedangkan heap overflows mempengaruhi area memori aplikasi perangkat lunak, menyebabkannya tumpah ke penyimpanan yang berdekatan.

Kerentanan keamanan yang dimaksud, yang dikenal sebagai “CVE-2022-2294”, adalah serangan buffer overflow berbasis heap dengan tingkat keparahan tinggi, yang menargetkan komponen komunikasi Real-Time (WebRTC) Chrome. Jenis kerentanan ini dapat merusak nilai data dalam alamat memori dan secara dramatis berdampak pada seluruh kode sistem bisnis – membuka titik masuk untuk serangan dunia maya, atau menyebabkan sistem mogok.

Sementara pembaruan Chrome untuk Windows dan Mac akan dirilis untuk menambal sistem dalam beberapa hari mendatang, tingkat keparahan serangan ini akan menyarankan mungkin lebih baik memperbarui browser Anda lebih cepat, daripada nanti, untuk informasi lebih lengkapnya Anda dapat mengunjungi Trestle on Tenth.

Bagaimana Melindungi Diri Anda Sekarang

Saran kami adalah, jika Anda menggunakan Aplikasi Chrome di Windows atau Mac, Anda harus memperbarui sistem Anda sesegera mungkin. Cara termudah untuk memperbarui Google Chrome adalah dengan mengizinkannya memperbarui secara otomatis, tetapi jika Anda sudah lama tidak menutup browser, atau pembaruan otomatis Anda tidak diaktifkan (sebagaimana seharusnya), ada baiknya melihat sekilas untuk melihat apakah Anda dapat memperbaruinya hari ini.

Untuk memperbarui Google Chrome, cukup buka browser di desktop Anda, pilih tombol di kanan atas jendela, dan klik Lainnya. Setelah itu, yang perlu Anda lakukan adalah menavigasi ke tombol Bantuan, klik Tentang Google Chrome dan jika ada pembaruan yang tersedia, Anda akan memiliki opsi untuk mengunduhnya.

Setelah versi terbaru diunduh dan sistem Anda ditambal, cukup luncurkan kembali browser untuk menyelesaikan pembaruan dan kemudian Anda siap. Versi yang Anda cari harus “103.0.5060.114” atau lebih baru. Jika Anda memiliki masalah, Anda juga dapat menghubungi meja bantuan Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published.