Pengantar Perbankan Islam

Portal islam terpercaya – Ciri yang paling membedakan dari sistem ekonomi Islam adalah larangan bunga. Prinsip ekonomi syariah telah banyak diterapkan dalam industri keuangan khususnya perbankan. Keuangan Islam tumbuh dalam berbagai dimensi dan sekarang menyebar di sektor keuangan lainnya seperti asuransi, keuangan terstruktur, pembiayaan proyek, reksa dana, keuangan sindikasi, perbankan investasi dll. Pada tingkat geografis juga, perbankan Islam telah berkembang dari Timur Tengah ke Eropa dan sekarang juga diposisikan dengan baik di pasar Asia Selatan.

Kepatuhan syariah juga memastikan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dan kepatuhan etis. Bank Islam tidak melakukan bisnis dengan perusahaan yang memproduksi tembakau, alkohol atau terlibat dalam bisnis perjudian, kasino, klub malam, prostitusi, dll. Mekanisme ini telah memberikan nama ‘perbankan etis’ kepada perbankan Islam di Eropa.

Neraca bank syariah mampu menghadapi guncangan keuangan. Bank syariah tidak diwajibkan untuk memberikan pengembalian tetap kepada deposan dan kreditur umum mereka. Para kreditur, pemegang saham dan deposan berbagi dan berpartisipasi dalam bisnis bank. Oleh karena itu, jika terjadi shock pada sisi aset (NPL meningkat), bank syariah akan dapat berbagi kerugian ini dengan deposan dan pemegang saham.

Bank syariah tidak dapat melakukan rollover pinjaman. Oleh karena itu, pengemasan dan pengemasan ulang pinjaman dan kemudian menerbitkan lebih banyak surat utang di belakang pinjaman bermasalah ini tidak dapat secara hukum terjadi di Bank Umum. Bank syariah wajib memiliki dukungan aset dalam semua investasi mereka. Oleh karena itu, kerugian bank syariah bahkan secara teoritis tidak dapat melampaui nilai aset yang sebenarnya.

Pembiayaan Operasional Bank Syariah

Untuk penyediaan keuangan, mode berikut digunakan dalam perbankan Islam.

Mengurangi Musyarakah

Dalam Musyarakah Berkurang, nasabah mendekati bank untuk pembelian bersama suatu aset/properti. Disebut sebagai ‘Musyarakah yang Berkurang’ karena kepemilikan penyewa meningkat dan kepemilikan bank berkurang atau berkurang seiring berjalannya waktu. Sewa berkurang karena kepemilikan penyewa meningkat. Bagian bank dalam aset/properti dibagi menjadi unit-unit. Unit-unit ini dibeli oleh pelanggan secara berkala sampai dia telah membeli semua unit. Setelah nasabah membeli seluruh unit bank, ia menjadi pemilik tunggal aset/properti tersebut.

Baca juga: Surah alam nasroh

Murabaha Muajjal

Murabahah adalah transaksi penjualan dengan pembayaran yang ditangguhkan. Murabahah digunakan dalam pembiayaan modal kerja, pembiayaan UKM dan pembiayaan perdagangan. Alur Proses Murabahah adalah sebagai berikut:

Bank Islam dan klien menandatangani Perjanjian Master Murabahah Keuangan dan perjanjian keagenan. Menurut perjanjian keagenan, pelanggan membeli barang dari pemasok atas nama bank. Nasabah menyanggupi untuk membeli aset dari bank. Ini adalah janji dan usaha sepihak. Bank membayar pemasok dan memperoleh hak milik dan kepemilikan fisik/konstruktif atas aset tersebut. Nasabah menandatangani pernyataan bahwa ia telah membeli barang atas nama bank dan sekarang ia bersedia untuk membeli aset tersebut. Setelah penawaran dan penerimaan, penjualan dilakukan dan pelanggan membayar harga yang disepakati ke bank.

Ijarah

Ijarah berarti memberikan sesuatu yang disewakan. Dalam Ijarah, hak pakai suatu barang dialihkan kepada orang lain untuk suatu imbalan. Alur prosesnya adalah sebagai berikut:

Pelanggan mendekati bank untuk mendapatkan aset sewa. Pelanggan menyanggupi untuk melakukan pembayaran sewa secara berkala untuk masa sewa. Perjanjian sewa dan perjanjian keagenan ditandatangani. Nasabah sebagai agen bank membeli aset tersebut. Bank menerima judul aset dan membayar vendor. Bank menyewakan aset dan pelanggan mulai menggunakan aset dan membayar sewa untuk setiap periode. Pada akhirnya, nasabah dapat membeli aset tersebut dari bank melalui perjanjian jual beli tersendiri.

Salam

Ini digunakan untuk membiayai barang dan jasa yang belum siap untuk dijual di tempat dan harus dikirimkan kemudian. Di Salam, pembayaran dilakukan di tempat, tetapi pengiriman ditunda. Ini digunakan dalam kasus-kasus khusus untuk memfasilitasi transaksi. Dalam praktik saat ini, ini digunakan dalam perdagangan mata uang sebagai alternatif untuk diskon bill of exchange dan dalam pembiayaan pertanian.

Pengecualian

Ini digunakan untuk membiayai barang-barang yang belum siap untuk dijual dan harus diproduksi. Contohnya termasuk jasa menjahit, jasa arsitek, dll. Ini adalah perintah kepada produsen untuk memproduksi komoditas tertentu untuk pembeli. Ini digunakan dalam pembiayaan ekspor pra-pengiriman dan dapat digunakan dalam semua situasi lain di mana barang harus diproduksi sebelum dijual.

Operasi Sisi Deposit Bank Syariah

Dua kategori utama deposito adalah rekening giro dan rekening non-giro. Beberapa akun bersifat remunerasi dan ada juga yang tidak. Untuk menawarkan produk deposito, mode berikut digunakan dalam perbankan syariah.

Akun Non-Remuneratif

Giro adalah contoh dari rekening giro non-remuneratif. Uang yang disimpan dalam rekening tersebut dianggap ‘Qard’ (Pinjaman tanpa bunga). Uang tersebut diinvestasikan dalam dana oleh bank. Bank menggunakan uangnya untuk berinvestasi di Ijarah, Murabahah, Musyarakah Berkurang, Salam, Istisna dll. Uang dibayarkan sesuai permintaan.

Akun Remuneratif

Rekening remunerasi dapat berupa giro yaitu Rekening Tabungan atau rekening non-giro yaitu Deposito Berjangka. Uang diinvestasikan dalam dana. Bank bertindak sebagai ‘Mudarib’ yaitu ‘Pengelola Dana’ dan nasabah bertindak sebagai ‘Rabb-ul-maal’ yaitu ‘investor’.

Uang hanya diinvestasikan dalam aset yang sesuai dengan Syariah. Bank menggunakan uang tersebut untuk berinvestasi dalam Ijarah, Murabahah, Musyarakah yang Berkurang, Salam, Istisna dll. Bobot diberikan untuk setiap kategori investasi yang dinyatakan kepada nasabah di awal. Profit diumumkan pada awal bulan untuk bulan sebelumnya berdasarkan bobot yang diumumkan sebelumnya. Keuntungan dibayarkan dari Pendapatan Bruto aktual.

HalalTamweel.com adalah Portal Keuangan Islam dengan tujuan yang jelas untuk menjembatani kesenjangan antara Investor yang mencari opsi investasi yang sesuai dengan Syariah dan lembaga keuangan yang menawarkan solusi yang sesuai dengan Syariah. Di portal Keuangan Islam eksklusif kami, kami mencakup semua aspek pilihan investasi yaitu dari rekening tabungan sederhana hingga reksa dana yang sesuai dengan Syariah, dan saham Halal. Juga ditampilkan di situs web kami adalah rincian berbagai fasilitas pembiayaan yang tersedia untuk pembelian aset seperti mobil dan rumah bagi konsumen yang mencari solusi pembiayaan yang sesuai dengan Syariah.

Situs ini menyediakan data keuangan penting tentang produk ini dan berita terkait untuk membantu investor membuat keputusan terbaik tentang investasi mereka di dunia keuangan Islam. Situs ini juga berupaya untuk memandu Investor tentang berbagai konsep keuangan Islam dan meningkatkan pemahaman mereka tentang subjek tersebut.

Kami memiliki tujuan untuk memberikan perencanaan keuangan kepada individu, bisnis, dan keluarga dengan kekayaan bersih tinggi dengan tujuan menumbuhkan kekayaan jangka panjang sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Kami menyediakan keahlian kami dalam manajemen investasi, perencanaan perumahan, perencanaan hukum dan perencanaan pajak melalui keahlian penelitian internal kami dan melalui publikasi kami di mana banyak ahli berbagi wawasan ahli mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.