Cara Mengatasi Kode HTTP Error 500

Cara Mengatasi Kode HTTP Error 500

Pernahkah kamu mendapatkan kode HTTP Error 500 saat membuka sebuah website? Pada biasanya tersedia banyak kode error terhadap web site dan Error 500 hanya tidak benar satunya.

Makna berasal dari HTTP Error 500 artinya sinyal bahwa server mendeteksi adanya kesalahan tetapi mereka tidak bisa mengerti penyebabnya secara spesifik. Dengan kata lain, server tidak mengenali kasus yang memang terjadi.

Lebih jauh lagi, kode HTTP Error 500 adalah indikasi bahwa server hosting sedang mengalami masalah. Umumnya, perihal selanjutnya disebabkan oleh adanya kesalahan penulisan terhadap .htaccess atau kesalahan terhadap kode program. Lantas sebenarnya, bagaimana cara menanggulangi kode HTTP Error 500? 500 internal server error

Bentuk HTTP Error 500
Sebelum mengkaji bagaimana cara menanggulangi HTTP Error 500, kamu terhitung wajib mengerti sebagian bentuk pesannya yang kerap muncul, Sob. Pada dasarnya, pesan Kesalahan Server Internal 500 bisa dicermati dalam bermacam cara karena setiap web site web site diizinkan untuk sesuaikan pesan.

Berikut ini sebagian pesan umum yang mungkin kamu melihat saat nampak Error 500:

500 Internal Server Error
HTTP 500 – Internal Server Error
Temporary Error (500)
Internal Server Error
HTTP 500 Internal Error
500 Error
HTTP Error 500
Kode error ini bisa dijumpai di nyaris semua jenis perangkat dan proses operasi karena memang kode ini dihasilkan oleh web site web site yang dikunjungi.

Penyebab HTTP Error 500
Kode Error 500 biasanya nampak terhadap halaman web site bersama pesan “Internal Server Error” tanpa adanya cermat lain yang mengatakan penyebab timbulnya kesalahan. Meskipun umum berjalan terhadap web site yang memakai WordPress, nyatanya error ini bisa berjalan di sebagian web site lain yang mengaplikasikan penggunaan web site server.

Pada umumnya, penyebab HTTP Error 500 adalah kesalahan terhadap plugin atau tema yang dipasang. Beberapa perihal lainnya, layaknya pengaturan PHP tidak sesuai, file permission tidak cocok, rusaknya terhadap file .htaccess, dan lainnya.

Cara menanggulangi HTTP Error 500
Salah satu penyebab HTTP Error 500 adalah file .htaccess yang rusak (corrupt) dan biasanya perihal ini berjalan terhadap pengguna WordPress. Oleh karena itu, silahkan mengecek mengisi file dan memeriksa terkecuali berjalan kesalahan pengaturan. Misalnya, terkandung perbedaan pengaturan terhadap web site server antara di lokal computer dan server.

Cara meyakinkan perihal tersebut, yakni bersama mematikan (memberi sinyal pagar) terhadap bagian htaccess yang diperkirakan menjadi penyebab terjadinya HTTP Error 500.

Selain itu, rintangan terhadap kode error ini terhitung bisa disebabkan oleh kesalahan program. Jika, perihal ini berjalan maka Anda wajib memeriksa file error log. Terdapat dua cara untuk melakukan perihal ini dan selanjutnya adalah panduannya:

Cara 1: Menggunakan menu Errors di cpanel
Berikut adalah cara memeriksa file error log terhadap menu cpanel:

Klik menu Errors terhadap menu di cpanel, layaknya terhadap gambar berikut.

Pada penampilan menu Errors, tersedia dua opsi yang mungkin bakal ditampilkan. Pertama, tidak tersedia kode error apapun. Kedua, nampak laporan kode error, layaknya terhadap gambar berikut.

Klik Documentation untuk informasi lebih detail.
Contoh error di error_log atau di menu Errors
Berikut misal pesan yang biasanya ditampilkan terhadap file error_log:

[05-Dec-2016 14:08:34 Asia/Jakarta] PHP Warning: imap_open(): Couldn’t open stream imap.gmail.com:993/imap/sslINBOX in /home/andhikamw/public_html/test.php on line 31

Keterangan kode error:

Terjadi error terhadap tanggal “[05-Dec-2016 14:08:34 Asia/Jakarta]”
Error beri tambahan status warning, “PHP Warning”
Keterangan error berada di script “imap_open(): Couldn’t open stream imap.gmail.com:993/imap/sslINBOX”
Error berjalan di file “/home/andhikamw/public_html/test.php”
Error berada di bari “31”
Cara 2: Melalui menu File Manager di cpanel
Memeriksa file error log untuk menanggulangi kode Error 500 terhitung bisa dilaksanakan lewat menu File Manager terhadap cpanel. Berikut langkah-langkahnya:

Masuk ke menu File Manager di cpanel
Dalam step ini, kamu wajib mengerti lokasi (path) terjadinya error terhadap website.
Jika error terkandung di domain utama, maka error_log bakal nampak di public_html. Sedangkan, terkecuali error berjalan terhadap subdomain atau folder di website, maka kamu wajib mengerti folder terhadap hosting untuk subdomain atau susunan folder.
Secara umum, HTTP Error 500 adalah kode error yang hanya berjalan saat karena suatu web site web site dirancang bisa menanggulangi persoalan mereka sendiri. Biasanya, perihal ini berjalan saat tersedia banyak pengunjung dalam satu saat yang membuka website.

Hal selanjutnya sebabkan performa web site menurun sehingga nampak kode error. Namun, terkecuali kamu tunggu hingga traffic pengunjung turun, tersedia mungkin web site bakal berjalan normal kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.