Ulasan ASUS PG259QN: Monitor Gaming IPS G-SYNC 1080p 360Hz 1ms

ASUS ROG Swift PG259QN adalah salah satu monitor gaming 360Hz pertama yang tersedia!

Selain itu, fitur ini memiliki waktu respons yang cepat, input lag yang rendah, dan NVIDIA G-SYNC dengan ULMB, yang membuat tampilan ini sangat menyenangkan bagi para gamer yang kompetitif.

Rata-rata gamer, di sisi lain, mungkin tidak begitu terpesona olehnya karena resolusi 1080p yang rendah dan label harga yang tinggi, tetapi tampilan ini hanya ditujukan untuk pemain FPS paling hardcore di luar sana, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan acer vg240yp monitor gaming ips 1080p 144hz.

Kualitas gambar

Monitor gaming ASUS PG259QN 360Hz didasarkan pada panel IPS oleh AU Optronics dengan spesifikasi utama rasio kontras 1.000:1, kecerahan puncak 400-nit, dukungan kedalaman warna 10-bit melalui dithering, dan gamut warna standar ~99% sRGB.

Ini berarti, selain pengalaman bermain game yang sehalus mungkin, Anda juga mendapatkan warna yang akurat dan konsisten dengan sudut pandang lebar 178°!

Tidak seperti panel Nano IPS LG dengan waktu respons piksel 1ms GtG, rasio kontras statis panel AUO tidak terpengaruh, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Panel IPS cepat LG biasanya memiliki rasio kontras 700:1 – 800:1 sedangkan ASUS PG259QN berada di kisaran 1.000:1 – 1.200:1.

Jadi, warna hitam tidak akan seabu-abu seperti pada model LG, tetapi tidak akan sedalam panel VA dengan rasio kontras ~3.000:1.

Membayar ~$700 untuk monitor 1920×1080 mungkin tampak agak aneh, tetapi resolusi rendah seperti itu diperlukan untuk benar-benar menggunakan potensi penuh Gaming Monitors ini dengan mencapai ~360FPS.

Terlebih lagi, 1080p terlihat cukup bagus pada monitor berukuran 24,5″ karena kerapatan piksel yang layak sebesar 90 PPI (piksel per inci), yang menghasilkan kejelasan detail yang baik dan real estat layar dalam jumlah yang wajar.

HDR (Jangkauan Dinamis Tinggi) juga didukung, tetapi karena monitor tidak memiliki gamut warna yang lebar dan peredupan lokal, antara lain, konten HDR tidak akan terlihat lebih baik.

Perlu diingat bahwa semua monitor IPS mengalami IPS glow yang ditandai dengan terlihat ‘bersinar’ di sekitar sudut layar karena cahaya berlebih yang melewati panel.

Ini adalah kelemahan yang diharapkan dan intensitasnya bervariasi di berbagai unit monitor. Namun, dalam semua kasus kecuali sebagian besar ekstrem, ini sepenuhnya dapat dikelola.

Pertunjukan

Meskipun perbedaan antara 144Hz dan 240Hz tidak benar-benar mengubah permainan untuk sebagian besar gamer, pemain kompetitif yang serius akan sering berusaha keras untuk mendapatkan tampilan game tercepat dan paling responsif yang tersedia.

Lompatan ke 360Hz dari 240Hz bahkan lebih tidak terlihat daripada beralih dari 144Hz ke 240Hz, tetapi perbedaannya pasti ada. Anda dapat melihat dan merasakannya, yang merupakan alasan yang lebih dari cukup bagi para gamer kompetitif untuk menginginkannya.

Namun, yang cukup mencolok adalah perbedaan antara 144Hz dan 360Hz!

ASUS PG259QN memiliki kecepatan waktu respons piksel yang sangat cepat, cukup untuk menghilangkan semua bayangan di belakang objek yang bergerak cepat.

Ada tiga mode overdrive waktu respons: Mati, Normal, dan Ekstrim.

Mode Mati tidak cukup cepat sementara pengaturan Ekstrim menyebabkan terlalu banyak overshoot.

Opsi Normal bekerja dengan sangat baik dan hanya memperkenalkan overshoot piksel yang sangat kecil dalam beberapa skenario.

Overdrive variabel dari modul G-SYNC akan menjaga ghosting dan inverse ghosting di seluruh rentang kecepatan refresh monitor.

Jadi, berapa pun kecepatan bingkai Anda, mode Normal akan bekerja paling baik sementara G-SYNC menghilangkan semua layar yang sobek dan tersendat hingga 360Hz/FPS.

Adaptive-Sync juga didukung, sehingga Anda juga dapat menggunakan kecepatan refresh variabel dengan kartu grafis AMD.

Selanjutnya, monitor ASUS PG259QN memiliki input lag yang sangat rendah hanya ~1ms, jadi tidak ada penundaan antara tindakan Anda dan hasil di layar.

Fitur

Sebagai alternatif untuk G-SYNC, Anda dapat menggunakan NVIDIA ULMB (Ultra Low Motion Blur) yang selanjutnya mengurangi ghosting yang dirasakan dengan nyala lampu latar.

Ini tidak dapat aktif pada waktu yang sama dengan G-SYNC, dan hanya bekerja pada kecepatan refresh tetap 144Hz atau 240Hz. Selain itu, kecerahan maksimum berkurang saat ULMB aktif, tetapi berkat kecerahan puncak monitor yang kuat, ini tidak akan menjadi masalah.

Sementara nyala lampu latar membuat kejernihan gerakan lebih halus secara umum, Anda kehilangan fluiditas yang disediakan oleh bingkai ekstra pada 360Hz.

Sayangnya, ada beberapa crosstalk strobo dan efek gambar ganda dengan ULMB, dan gambar sebenarnya lebih jelas pada 144Hz daripada pada 240Hz. Sayang sekali teknologi ini tidak di-tweak oleh Blur Busters di bawah program sertifikasi mereka untuk kinerja yang lebih baik.

Fitur game lainnya termasuk utilitas standar ASUS seperti GamePlus (crosshair kustom, timer, dan pelacak kecepatan refresh), GameVisual (preset gambar yang telah dikalibrasi sebelumnya), dan Dark Boost (meningkatkan visibilitas dalam game yang lebih gelap).

Untuk navigasi melalui menu OSD (On-Screen Display), ada joystick terarah di bagian belakang monitor bersama dengan empat hotkey tambahan (dua di antaranya dapat Anda tetapkan ke pintasan Anda sendiri).

Di bagian belakang monitor, terdapat logo ROG dengan pencahayaan RGB yang dapat disinkronkan dengan periferal lain yang kompatibel dengan AuraSync.

Desain & Konektivitas

ASUS PG259QN menawarkan kualitas build premium dengan ergonomi serbaguna termasuk penyesuaian ketinggian hingga 120mm, putar +/- 25°, kemiringan -5°/20°, pivot 90°, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm.

Bezelnya sangat tipis di bagian atas dan samping monitor, sedangkan layarnya memiliki lapisan anti-silau matte yang menghilangkan pantulan tanpa membuat gambar tampak kasar.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.4, HDMI 2.0 (maks 240Hz), jack headphone, dan hub dual-USB 3.0 (1 port upstream + 2 downstream).

Leave a Reply

Your email address will not be published.